• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Kamis, 30 Maret 2017

FINAL PROJECT CONCEPT - SMART HEALTH CARE


LATAR BELAKANG
  1. Dibutuhkannya data pasien sebelum dokter melakukan tindakan,  akan tetapi data yang lengkap biasanya hanya dimiliki oleh rumah sakit tempat pasien berobat.
  2. Penebangan kayu untuk membuat kertas sebagai media penyimpanan data sekarang, sangat tidak bersahabat dengan alam.
  3. Banyaknya kematian yang disebabkan oleh kesalahan dalam diagnosa ataupun kesalahan pada pertolongan pertama.
PERMASALAHAN
Dibutuhkannya sarana yang lebih praktis bagi dokter untuk dapat menerima info mengenai pasien yang membutuhkan pertolongan pertama.

DESKRIPSI SISTEM

Smart Health Care adalah sebuah sistem pelayanan rumah sakit yang terotomatisasi yang menggunakan konsep Internet of Things (IoT). Smart Health Carememungkinkan rumah sakit untuk memberikan pelayanan yang lebih baik pada pasien. Sistem ini mencakup beberapa sistem yang ada di rumah sakit, salah satunya adalah pencatatan rekam medis pasien.

Smart Health Care memiliki solusi, yaitu sebuah smart card. Apabila sistem ditinjau berdasarkan sudut pandang Cyber-Physical-Social System (CPSS), maka sistem dapat dipecah menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Cyber. Adanya pertukaran informasi dan data melalui jaringan internet. Informasi atau data selain tersimpan dalam smart card, juga disimpan dan di-maintaindalam server.
  2. Physical. Sistem berinteraksi melalui elemen fisik, yaitu smart cardreader/scanner, dan perangkat lainnya.
  3. SocialSmart card akan menjadi media komunikasi antara pasien, administrator rumah sakit, dokter, dan pihak berkepentingan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

23 Street Cisitu Lama I 40135 Indonesia

Phone number

+62 858 6313 9893

E-mail

enden.lukman@yahoo.com